Minggu, 26 Mei 2024

Cerkak Bahasa Jawa "Kena Hawane Banaspati"

Cerkak Bahasa Jawa Panjebar Semangat "Kena Hawane Banaspati" karya dari Muniryono, pernah dimuat di majalah Panjebar Semangat edisi 5 Desember 2020, cerkak bahasa jawa "Kena Hawane Banaspati" termasuk dalam kategori cerita misteri.
Cerkak Bahasa Jawa "Kena Hawane Banaspati"

Cerita misteri bahasa jawa dalam rubrik alaming lelembut dengan judul :"Kena Hawane Banaspati" karya Muniryono, mengisahkan tentang cerita Banaspati, Banaspati yang berwujud seperti bola api yang menyala-nyala, dipercaya bahwa siapa yang melihat Banaspati tersebut akan mendapatkan malapetaka. Dikisahkan dalam cerkak tersebut tokoh Aku memiliki keponakan yang bernama Suyitno, Suyitno merupakan mahasiswa tingkat akhir di sebuah kota, walaupun Suyitno tinggal di kota namun, asal usul Suyitno berasal dari desa, satu desa dengan si tokoh Aku. Pada suatu malam tokoh Aku meminta bantuan kepada Suyitno untuk menemaninya menunggui sawah yang sedang panen kacang, hal tersebut dilakukan karena di Desanya sering terjadi pencurian hasil panen kacang pada malam hari. Lokasi sawah berada dekat dengan pemakaman dan juga lapangan yang luas, menurut cerita masyarakat sekitar pemakaman tersebut angker, begitu juga lapangan yang ada, bahkan di lapangan tersebut sering tampak dari wujud Banaspati.
Menurut cerita masyarakat sekitar pemakaman tersebut angker, begitu juga lapangan yang ada, bahkan di lapangan tersebut sering tampak dari wujud Banaspati.


Lalu bagaimanakah cerita kelanjutan dari cerita misteri alaming lelembut "Kena Hawane Banaspati", apakah Suyitno atau pamannya akan menjumpai munculnya Banaspati ? mari simak kelanjutan cerkak bahasa jawa tersebut dalam tampilan pdf dibawah ini :

Unduh Cerkak bahasa jawa "Kena Hawane Banaspati" ---DISINI---

Belum ada Komentar untuk "Cerkak Bahasa Jawa "Kena Hawane Banaspati""

Posting Komentar